Artikel

 Salah satu metode pengobatan yang sangat aman dilakukan untuk memecah batu ginjal ke dalam pecahan-pecahan yang lebih kecil, sehingga dapat dengan mudah dibuang bersamaan melalui berkemih. Didukung dengan tim dokter spesialis urologi yang berpengalaman,

Pengobatan non invasif ( tanpa pembedahan) pada penyakit batu ginjal dengan metode ESWL

27 May 2022

Tindakan ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy) adalah teknik pengobatan non invasif (tanpa melakukan pembedahan) pada penyakit batu ginjal, baik yang berada di ginjal maupun di ureter. Adapun terapi ESWL menjadi salah satu metode pengobatan yang sangat aman dilakukan untuk memecah batu ginjal ke dalam pecahan-pecahan yang lebih kecil, sehingga dapat dengan mudah dibuang bersamaan melalui berkemih.

 

Saat ini, RS Royal Surabaya telah menghadirkan tindakan ESWL yang didukung oleh tim dokter spesialis urologi yang berpengalaman di bidangnya. Alat yang canggih, fasilitas rumah sakit yang bersih dan nyaman, serta staf perawat yang mengutamakan pelayanan terbaik bagi para pasien yang berobat menjadi nilai tambah bagi RS Royal Surabaya. Diharapkan dengan adanya pilihan pengobatan ESWL ini masyarakat Surabaya semakin sadar akan kesehatan dan tidak takut untuk melakukan pengobatan batu ginjal karena teknologi saat ini sudah semakin canggih.

Terapi ESWL dapat dilakukan bagi pengidap penyakit batu ginjal, yang memiliki ukuran batu ginjal sebesar 2 sentimeter. Prosedur ESWL sendiri memiliki beberapa efek samping yang sifatnya cukup minimal yaitu:

  1. 1–2 hari pasca terapi dilakukan, pasien biasanya akan mengalami kencing berdarah yang akan hilang dengan sendirinya
  2. Pecahan batu ginjal biasanya akan menyumbat saluran kemih, sehingga menyebabkan pasien kesulitan buang air kecil
  3. Masalah terkait dengan prosedur anestesi
  4. Rasa nyeri saat pecahan batu ginjal keluar saat berkemih
  5. Mengalami infeksi pada batu ginjal karena bakteri

Adapun berikut beberapa persiapan perlu dilakukan sebelum melakukan ESWL, yaitu:

  • Pemeriksaan laboratorium baik darah maupun urin untuk melihat fungsi ginjal
  • Kesiapan fisik pasien
  • Berhenti mengkonsumsi obat-obat pengencer darah 1 minggu sebelum terapi ESWL
  • Pemeriksaan yang paling penting adalah rontgen atau USG untuk menentukan lokasi batu kemungkinan jenisnya
  • Hal yang paling penting adalah hidrasi yang baik untuk memperlancar keluarnya batu yaitu minum air minimal 2 liter sehari
  • Tidak perlu puasa

Pasca ESWL

Pasien dapat langsung pulang, kecuali dianjurkan oleh dokter karena kondisi pasien yang memerlukan observasi ketat. Pasien dapat beraktivitas normal setelah 24 jam pasca terapi. ESWL juga dapat dilakukan kapan saja setelah semua pemeriksaan selesai dan pasien memenuhi kriteria.

Pada dasarnya, jika tidak ada kondisi khusus, ESWL termasuk One Day Care program dari RS Royal Surabaya, pasien dapat langsung pulang setelah melakukan tindakan dan tidak diperlukan rawat inap untuk terapi tersebut. Dengan ada nya ESWL diharapkan pasien dapat kembali beraktivitas dan segera pulih karena tidak ada tindakan operasi untuk mengeluarkan batu ginjal.

Komentar