Artikel

Telah hadir metode persalinan minimal rasa nyeri bagi para Ibu hamil

ERACS (Enhanced Recovery After Caesarean Surgery)

27 May 2022

Lamanya pemulihan, rasa sakit dan nyeri setelah persalinan dan keterbatasan dalam beraktivitas pasca operasi Caesar (C-Section), telah menjadi pertimbangan bagi para calon ibu dalam menyiapkan kelahiran sang buah hati tercinta. Namun hal ini dapat terminimalisir karena kini RS Royal Surabaya menawarkan metode Enhanced Recovery After Caesarean Surgery (ERACS) untuk memudahkan persalinan bagi para ibu.

Semakin berkembangnya metode persalinan, Enhanced Recovery After Caesarean Surgery (ERACS) yang dikenal juga sebagai fast track surgery atau Enhanced Recovery Protocol (ERP), merupakan suatu teknik tindakan operasi Caesar yang didesain khusus untuk mengurangi rasa nyeri, lama rawat inap, meningkatkan waktu pemulihan pasca-operasi, hingga meminimalkan komplikasi pasca-operasi. Teknik tersebut merupakan kolaborasi dari Dokter Spesialis Anastesi dan Dokter Kandungan. Teknik operasi tersebut yang bertujuan untuk mempercepat kemampuan mobilisasi dini dan menurunkan respon stress pada pasien pasca persalinan.

Beberapa manfaat dari ERACS antara lain mempercepat proses pemulihan yang akan berlangsung, meminimalisir nyeri dan mobilisasi, serta meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pasien. Teknik operasi yang bertujuan untuk mempercepat kemampuan mobilisasi dini dan menurunkan respon stress pada pasien pasca persalinan.

Adapun beberapa persiapan menjelang persalinan ERACS yang perlu diperhatikan oleh para pasien, seperti :

  • Pemeriksaan riwayat kesehatan saat ini dan riwayat kesehatan sebelumnya.
  • Pemeriksaan penunjang antara lain pemeriksaan darah lengkap.
  • Diet tinggi kalori dan tinggi protein untuk mempercepat pemulihan.
  • Pasien tidak perlu puasa sebelum operasi.

 

Tidak semua pasien dapat menggunakan metode ERACS seperti kondisi ibu hamil dengan scoliosis dan obesitas (kegemukan), anemia berat, diabetes tidak terkontrol atau gangguan kecemasan yang tinggi bukan kandidat pasien yang dapat menjalani metode ERACS. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum calon ibu memutuskan menggunakan metode ERACS.

Lama pemulihan tiap pasien juga berbeda-beda tergantung pada kondisi masing-masing. Umumnya melahirkan dengan teknik ERACS membuat calon ibu lebih nyaman dan cepat pulih hingga dapat beraktivitas dengan baik pasca operasi. Besaran biaya yang dikeluarkan tergantung dengan fasilitas yang dipilih oleh para calon ibu.

 

 

Komentar